Senin, 07 Oktober 2013

Yogyakarta : Taman Sari : Part 2

Kunjungan ke Taman Sari saya lanjutkan pada hari sabtu pagi. Karena weekend, banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini perorangan atau kelompok. Harga tiket masuk pada saat itu sebesar Rp. 4000. Belum termasuk Guide. Karena sehari sebelumnya saya sudah sedikit mencari keterangan tentang tempat ini di mbah Google. Saya memilih untuk berjalan sendiri karena niatnya hanya ingin mengambil foto Yono Mogus untuk keperluan postingan blog ini.

 

Awal masuk gerbang pemandian kamu akan menemukan dua buah bangunan ini, saya kira ini zaman dahulunya dipakai untuk para penjaga.


Menyatu dengan gerbang masuk pemandian depan, ada 2 sosok patung naga yang saling berhadapan. Karena saya bergerak di bidang seni, saya tertarik dengan alasan kenapa mereka memakai simbol naga ini sebagai hiasan.


Yono Mogus dan Patung Naga

 
Kalau diperhatikan, ornamen yang dipakai di gerbang atas ini terdiri dari suluran tumbuhan dansejenis unggas.

 
Ini adalah suasana pemandian depan. Terdiri dari 2 kolam yang cukup luas.


Patung Kepala Naga menjadi aksesoris tempat air mengalir


Ini adalah foto didalam ruangan pambatas antara pemandian utama yang terdiri dari 2 kolam  dan kolam belakang, perpaduan antara ornament khas Islam berupa suluran, garis yang membentuk seperti kubah dan ornamet khas Hindu seperti naga dan karater buta melekat di tempat ini.


Yono Mogus sedang berteduh


suasana kolam pemandian kedua, selain dihiasi pot-pot besar disekelilingnya, di tiap pojokan terdapat bekas kandang burung.


Kemegahan dan keindahan arsitektur bisa kita lihat disini


Setelah musibah bencana gempa yang terjadi di tahun 2006 silam, banyak bangunan di Taman Sari ini yang mengalami kerusakan, sehingga perbaikan yang dilakukan kadang sangat terlihat perbedaannya dibanding dengan bangunan aslinya.


Ini salah satu spot tempat favorit foto para pengunjung, konon dahulu ini adalah masjid. Keunikan dari bentukan pintu keluar masuk jalan dibuat pendek, sehingga kita harus menunduk untuk melewatinya. Kalau kamu berkesempatan ke Jogja, tidak salahnya untuk berkunjung ke tempat ini dan rasakan pengalaman jalan-jalan di bangunan bawah tanah.Enjoy Yogyakarta.

 Foto by Mulyana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar