Minggu, 16 Februari 2014

Grebek Maulud Yogyakarta

Di akhir tahun 2013 kemarin terdapat acara Sekatenan yang diadakan setiap menjelang Maulud Nabi atau menyambut hari lahir Nabi Besar Muhammad SAW.  Alun-alun Utara kota Jogja diubah menjadi pasar malam yang ramai akan berbagai macam dagangan serta permainan. Nah acara puncak dari Sekatenan tersebut adalah Grebek Maulud. Dimana istana membuat semacam ritual membuat gunungan, didoakan dan akhirnya isi dari gunungan tersebut biasanya diperebutkan oleh masyarakat yang dipercaya dapat membawa kebaikan dan lain sebagainya. Yono Mogus ditemenin Panda warga Jogja, dia bercerita banyak, karena tidak direkam dan postingannya telat hasilnya jadi cerita singkat foto aja ya.. selamat menikmati :))
 

Yono Selfie dengan background para prajurit istana

 

Pawai para prajurit istana dengan memakai berbagai macam seragam dan senjata.

 

Ini topinya keren banget kan?

 

Tameng dan Sandal.

 

Sekitar istana dipenuhi manusia yang ingin melihat proses acara Grebek Maulud dan para pedagang yang memanfaatkan moment karena banyaknya orang yang datang.

 

Pasukan pengawal kuda-kuda Istana

 

Nah kayaknya ini prajurit yang saya liat paling oke, yang lainnya sudah berumur semua, ini agak muda dan bersih.

 

Orang-orang sedang berkumpul menunggu Gunungan

 

Ini dia Gunungan yang nantinya jadi rebutan orang-orang.

 

Karena acaranya sudah lama dan baru posting, saya lupa akan nama-nama prajurit yang bertugas, seperti orang-oran yang khusus membawa gunungang ini.

 

Berat Gunungan pasti lumayan, karena dipanku ole puluhan orang :D

 

Yono dengan backgroud ribuan manusia yang ingin memasuki kawasan masjid Alun-alun.

 

Ini adalah salah satu orang yang mendapatkan sesajen yang ada di Gunungan, biasanya digunakan untuk jimat dan sebagainya.


Disaat bersamaan banyak juga Ibu ibu yang jualan hiasan seperti ini, terbuat dari cangkng telur yan diwarna dan guntingan kertas yang dililitkan ke lidi.

 

Foto by Mulyana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar