Senin, 30 September 2013

Yogyakarta : Kuliner : Gudeg

Senin siang menjelang sore setelah selesai mengerjakan tulisan untuk salah satu karya teman saya yang akan dipamerkan di Bandung akhir oktober nanti, saya berjalan-jalan di Malioboro , tempat salah satu tujuan wisata, belanja dan kuliner andalan Yogyakarta. Saya memang berniat mencari makan siang, setelah tengok sana-sini akhirnya saya melihat plang besar Gudeg Yu Djum, tepatnya di Jl. Degan. Gudeg merupakan makan khas Yogyakarta, didalamnya terdiri dari olahan nangka muda, krecek merah, kacang kedelai, semur tahu, dengan tambahan berbagai macam ayam yang disemur. 

Gudeg Yu Djum dipilih karena rekomendasi teman saya, selain harganya pas, rasanya selalu dijaga. Makanya tempat makan ini bertahan hingga sekarang. Saya sendiri makan gudek krecek hanya 5000 ditambah es teh manis 3000 dan kerupuk 1000 totalnya 9000. Cukup murah, dan perutpun terisi. Tapi di dalam menu tertulis, harga sewaktu waktu berubah sesuai bahan baku dipasar.

Gudeg ini bisa jadi bahan oleh-oleh khas Jogja, bertahan sampai 2 hari, karena banyak menggunakan olahan santan, klo bisa masukin kulkas aja, itu juga ga dijamin tahan lama. Kemasannya  pun dibuat menarik, bisa memilih pakai kendi atau besek. 

Untuk sentra makanan khas Gudeg sebenarnya ada di Jl. Wijilan, tidak jauh juga dari Malioboro, disini kita bisa memilih tempat makan gudeg mana yang kita inginkan. Coba dan rasakan, itu awal kamu akan menyukai makanan Jogja, dan tahu citra rasa penduduk sini.



Jl. Dagen 


Plang Gudeg Yu Djum terlihat dari Jl. Malioboro tepatnya di Jl. Degan No.2c

 

Etalase makanan 


Nah ini dia makanan pesanan saya


Ini merupakan kemasan kardus Gudeg Yu Djum


Gerbang masuk sentra makanan khas Gudeg di Jl. Wijilan


Foto by Mulyana

1 komentar:

  1. Mul, sini sama saya, ada gudeg yang enak dan dekeet banget sama tempat residensimu. Gudeg mbah Joyo Taman Sari. jalan kaki mungkin cuma 10 menitan, mul. bukanya jam 4 sore. spesialisasi ceker. ENAK BANGET!

    BalasHapus