Senin, 07 Oktober 2013

Yogyakarta : Taman Sari : Part 1

Nafas Residensi sekarang bertempat di Jl. Ngadisuryan. Pada jaman dahulu jalan ini adalah bagian dari kebun Istana Keraton. Tidak jauh dari tempat tinggalku terdapat Taman Sari yang terkenal dengan Pemandian Sultan jaman dahulu, sekarang menjadi salah satu tempat Wisata Cagar Budaya yang banyak dikunjungi baik turis lokal maupun mancanegarag. Hari Jum'at sore tanggal 4 oktober kemarin saya sempatkan untuk mengunjunginya, sambil mencari ide menarik untuk bahan karya saya di program residensi selama 3 bulan ini.

Lokasi Taman Sari ini terletak diantara pemukiman penduduk, karena tiket masuk sore itu sudah tutup, maka sayapun mencoba berkeliling melewati jalan perumahan. Tanpa sengaja saya ternyata dapat melewati jalan tengah yang menjembatani pemandian satu dengan pemandian lainnya, kemudian menemukan sumur tua yang didalamnya terdapat banyak koin. Katanya disana teman-teman bisa melemparkan koin sambil membuat permohonan.


Foto diatas merupakan gerbang belakang pemandian pertama, yang menarik disini adalah bentukan bangunan yang cukup sederhana, akan tetapi saya masih penasaran dengan ornamen yang menghiasinya.


Yono sedang berjemur di sekitaran sumur tua


Suasana sekitar sumur tua.


Walaupun ga seperti ga ada yang jaga tapi tempatnya bersih

  

Harusnya ada buku yang menerangkan bangunan disini, saya belum menemukan, jadi maaf kalau infonya belum begitu jelas.


Foto by Mulyana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar