Jumat, 25 Oktober 2013

Studio Visit : thedeo MIXBLOOD

Kamis, 24 Oktober 2013 saya berkunjung ke studio thedeo MIXBLOOD di daerah Imogiri Yogyakarta. R. Bonar Senan D. Putro yang akrab disapa Otong dari Solo dan Fahla Fadhillah Lotan (Dilla) dari Bandung adalah founder dari artis grup independent ini. Aktif sejak tahun 2011, thedeo MIXBLOOD membuat project karya kolaborasi yang sangat menarik dengan basic teknik yang mereka sebut sebagai ekperimental custom toys. 

Kesan pertama melihat beberapa karya thedeo MIXBLOOD adalah detail, kontruksi, serta imajinasi bentuk yang lahir dari dua orang yang masing-masing berlatar belakang pendidikan dan kesukaan berbeda dapat menghasilkan karya yang kompleks dan menarik. Mas Otong adalah lulusan seni lukis ISI dan pernah duduk di bangku STM pembangunan sedangkan Dilla adalah penyuka fashion dan sekarang masih menjadi mahasiswi aktif di jurusan photography ISI. Kolaborasi dua seniman ini akhirnya memperkarya mereka dalam mengeksplorasi karya-karyanya. 

Bahan yang mereka pakai ternyata beberapa dari bahan mainan bekas yang tidak terpakai, atau sumbangan dari temen-teman dan orang-orang yang tertarik dengan project thedeo MIXBLOOD lakukan. Mainan tersebut dimutilasi menjadi beberapa bagian dan dipasang kembali menjadi spesies baru dengan contoh foto karya yang ada dibawah tulisan ini. Kemudian mereka mix dengan kain flanel, benang, mote, dan berbagai macam aksesoris lainnya dengan teknik menjahit, menempel, dan menyambung sebagai andalannya.

Tema atau konsep yang diangkat lebih ke personal, mengikuti kondisi mereka. Kamu akan merasakan bagaimana karya mereka hidup karena karakter yang dibangun dengan sepenuh hati. "Mencari Masalah" itu yang mereka bilang kepadaku agar tidak stuck dalam berkarya dan jenuh dengan media serta bahan yang kita kerjakan.




Suasana Kosan yang menjadi studio thedeo MIXBLOOD dan Mas Otong berkarya


Mas Otong yang sedang menjelaskan tentang salah satu karya thedeo MIXBLOOD yang belum kelar. Beberapa lukisan yang menempel di tembok adalah contoh karyanya.

 

Beberapa karya thedeo MIXBLOOD yang super duper warnanya.


Salah satu karya yang masih dalam proses, karena karya thedeo MIXBLOOD beberapa diantaranya ada yang menggunakan media mekanik sehingga dapat bergerak.


Di Studio ini banyak sekali tumpukan mainan sebagai bahan dasar dari karya.


Detail karya thedeo MIXBLOOD


"Did You Remember Me Neil Amstrong?"


Yono Mogus dan beberapa karya thedeo MIXBLOOD


Detail karya thedeo MIXBLOOD tampak belakang


Dilla, Yono Mogus dan Mas Otong

Foto by Mulyana
Artistik by thedeo MIXBLOOD

Blognya thedeo MIXBLOOD bisa dicek disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar